Saturday, October 22, 2011

Jurusan Teknik Telekomunikasi: Prospek dan Yang Dipelajari

Oke gue belum pernah bilang sebelumnya di blog ini, gue adalah mahasiswa jurusan teknik telekomunikasi di satu-satunya kampus yang fokus ke bidang telekomunikasi di Indonesia, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Kenapa gue bilang fokus ke bidang itu? Karena walau bukan jurusan teknik telekomunikasi, jurusan-jurusan lain di sini tetep dikasih mata kuliah yang berhubungan dengan telekomunikasi.



Oke, masuk ke inti, kenapa harus telekomunikasi? Sebelumnya, menurut yang gue baca di Kaskus, gaji pegawai terbesar pertama dan kedua dipegang oleh perusahaan minyak dan energi dan telekomunikasi. Kata dosen gue, dua bidang itu, minyak-energi dan komunikasi, emang bidang pekerjaan yang nggak bakal jatuh peminatnya. Siapa sih yang nggak butuh telpon-telponan, internetan, chatting dan sebagainya. Bisa diliat sekarang perusahaan-perusahaan telekomunikasi lagi berkembang pesat, baik operator telepon atau penyedia internet. Dan kalau menurut gue pribadi, selama manusia masih membutuhkan komunikasi dengan manusia lainnya, telekomunikasi akan selalu dibutuhkan.

Tapi ada yang harus diingat. Kalau pembaca adalah siswa atau lulusan SMA atau sederajat yang lagi galau menentukan jurusan kuliahnya, harus tau juga apa yang dipelajari di teknik telekomunikasi. Karena walau sebagus apa pun prospeknya, kalau si pelajar nggak suka ya nggak bisa lancar perkuliahannya. Jadi intinya, harus suka dulu sama jurusannya, jangan asal pilih. Nanti nyesel di akhir.

Karena gue juga masih baru di jurusan ini, sebenernya gue nggak begitu ngerti istilah-istilah mata kuliahnya. Tapi gue bakal coba jelasin. Kalau di IT Telkom sendiri, tahun pertama itu pelajarannya masih umum (hampir sama di semua jurusan) atau istilahnya Tahap Persiapan Bersama aka TPB. Pelajaran-pelajran di TPB ini berupa kalkulus, fisika, algoritma, agama dan lain-lain.

Nah mulai semester 3 atau tahun kedua mulai deh keliatan 'telekomunikasi'-nya kayak teknik digital, jaringan telekomunikasi, sinyal dan sistem dan lain-lain. Begitu juga selanjutnya, mata kuliah yang diberikan antara lain pengolahan sinyal digital, sistem komunikasi, antena dan propagasi, elektronika komunikasi, elektromagnetika, rekayasa trafik, sistem telekomunikasi satelit, komponen gelombang mikro, rekayasa sistem radio, teknik switching, sistem komunikasi selular dan sistem komunikasi optik. Mata kuliah yang gue tulis di atas gue ambil dari buku panduan IT Telkom dan, sekali lagi, gue nggak tau itu pelajarannya ngebahas apa aja.

Yah, intinya sih, jurusan teknik telekomunikasi ini sangat bagus buat dipelajari, prospeknya cerah dan tentunya memeras menantang otak, haha.